[LifeStory] Antara Long March dan Lari Marathon

Standar

Dalam pelatihan pecinta alam, Long March atau jalan jauh merupakan treatment yang digunakan untuk menguji mental, ketahanan fisik, kesabaran, dan kekompakan. Perjalanan itu ditempuh dengan berjalan kaki dengan jarak cukup jauh dengan tujuan tertentu. Jika rata-rata kecepatan langkah kaki manusia normal adalah 5km/jam, maka dalam waktu satu jam perjalanan, ia mampu menempuh jarak sejauh lima kilometer. Terkadang kegiatan ini dilakukan di jalan raya, semisal demonstrasi. Tapi seringnya, kegiatan ini dilakukan di alam bebas. Lanjutkan membaca

Memilih dan Merawat sepatu Trekking

Standar

Bahan sepatu yang baik harusnya bisa memenuhi empat syarat, yakni; membuat sepatu terasa lebih nyaman, bisa memperkecil risiko kulit kaki melepuh, bisa menyerap keringat dari kaki, dan mampu cepat kering. Banyak produksi sepatu sekarang lebih memilih menggunakan bahan sepatu bermembran antiair tapi tetap dapat bernapas, seperti bahan Sympatex atau Gore-Tex. Karena bahan jenis tersebut menjamin tidak akan masuknya berbagai jenis cairan dan menjamin tercukupinya syarat bahan sepatu yang baik. Jenis sepatu yang baik sekarang biasanya menggunakan tiga jenis lapisan sol. Sol terluar (outer sole), paling bagus terbuat dari bahan karet campuran. Karena dapat mengurangi risiko terpeleset bila sedang melakukan aktivitas di alam bebas. Cobalah lihat sol bagian terluar tersebut, yang baik biasanya memiliki pola tapak bergerigi dan pada tumit terdapat pola setengah bulat sehingga dapat menggigit tanah. Lanjutkan membaca

Ngukur Jalan Pake Googlemap

Standar

Ngukur jalan yuk…!

Hahaha… itulah istilah buat para bikers yang suka touring alias jalan-jalan. Hapal sekali mereka dengan jarak, waktu, bahkan konsumsi bensin.
Betewe, gimana dengan kita-kita yang amatir di bidang touring. Taro’lah cuma mau ke jalan-jalan dari Jogja ke Semarang atau dari Jogja ke Kebumen. Kita kan belon tau mesti lewat mana aja, trus berapa kilo jaraknya, ‘n berapa lama waktu tempuhnya.

googlemap

Sekarang jamannya digital, dude! Hampir semuanya sudah didigitalisasi. Sampe peta Indonesia lengkap sama jalan-jalannya udah ada di internet. Yah… walaupun belum ada jalan-jalan alternatifnya alternatif, peta ginian mah udah cukupan lah buat kita yang mau ngelawat ke luar kota.
Silahkan sambangi di http://maps.google.com dan selamat melawat ke seluruh negeri!

[Tips Darurat] Ban Bocor di Tengah Hutan

Standar

kunci inggris

Tips ini dari ayahku yang merupakan biker pada masanya (tahun 90-an).

Jika ban bocor di tempat yang jauh dari peradaban, hal yang pertama dilakukan adalah tetap tenang.

Kedua, buka ban luar anda dengan obeng (mirip tukang tambel ban), tapi tidak usah dilepaskan dari velg.

Ketiga, isi ban dengan rumput sampai padat. Tutup kembali ban dengan rapi.

Keempat, cari tukang tambel ban. Namun, jika pun tidak ketemu, Insya Allah, anda dapat tiba di rumah dengan kondisi ban seperti itu.

Nyicip Nggembel di Stasiun Madiun

Standar
(foto minjem) stasiun madiun + KRDI Madiun Jaya di jalur 4

(foto minjem) stasiun madiun + KRDI Madiun Jaya di jalur 4

Peristiwa ini terjadi waktu aku pulang dari Blitar yang ceritanya ada di sini. Karena ga tahan berdiri di kereta Matarmaja Ekspres dengan suasana yang memang tidak nyaman, akhirnya aku dan Jeli Maipura bersepakat untuk turun saja di Stasiun Madiun sambil mencoba peruntungan, siapa tahu setelah ini masih ada kereta bisnis yang langsung ke Yogyakarta. Jika memang tidak ada, kami akan menginap di Stasiun Madiun. Lanjutkan membaca

Njajah Tasiyun Milang Kori, Jogja – Blitar.

Standar
lempuyangan pagi hari

(foto minjem) lempuyangan di pagi hari

Hari Ahad lalu, 14 Februari 2010, salah seorang kawan karib ketika SMA, telah merayakan hari bahagianya. Mempersunting seorang gadis dari Blitar, kota kelahiran Presiden RI-1, Soekarno dan kampungnya Wapres RI-6, Boediono. Syukurlah, aku dan temanku bisa hadir di hari bahagianya, mewakili rasa bahagia sekian ratus alumni SMA seangkatan yang mengenalnya. hehe… lebay.

——

PERENCANAAN

Beberapa hari sebelumnya, aku dan seorang teman sekelas yang tinggal di Jogja akan berencana untuk acara resepsi di kota itu. Insya Allah berangkat tanggal 13 Feb. Dan kalo memungkinkan, pulangnya tanggal 14 Feb. Kalo ga bisa ya tanggal 15 Feb. Kata kuncinya, murah meriah. Berikut perencanaannya.

1. Kereta Api

0430. Motor dititipin di tempat titipan motor stasiun Lempuyangan. Beli tiket @20rb-an (ekonomi, jurusan Yogya – Kediri).
0520. Berangkat ke Kediri.
1300. Nyampe di Kediri, dzuhuran, makan, cari bis ke Blitar (taksiran ongkos Rp.10rb).
1400. Nyampe di Blitar, cari mesjid atau apalah buat nginep.
Perkiraan ongkos PP: Rp. 60rb-70rb perorang. Lanjutkan membaca