[LifeStory] Antara Long March dan Lari Marathon

Standar

Dalam pelatihan pecinta alam, Long March atau jalan jauh merupakan treatment yang digunakan untuk menguji mental, ketahanan fisik, kesabaran, dan kekompakan. Perjalanan itu ditempuh dengan berjalan kaki dengan jarak cukup jauh dengan tujuan tertentu. Jika rata-rata kecepatan langkah kaki manusia normal adalah 5km/jam, maka dalam waktu satu jam perjalanan, ia mampu menempuh jarak sejauh lima kilometer. Terkadang kegiatan ini dilakukan di jalan raya, semisal demonstrasi. Tapi seringnya, kegiatan ini dilakukan di alam bebas.

Lari marathon, menurut sejarah, diilhami oleh cerita seorang kurir pesan Yunani bernama Pheidippides. Konon ia menempuh perjalanan sejauh 26 mil atau 42,195 km untuk mengabarkan kemenangan tentara Athena atas Persia. Ia berlari dari kota Marathon menuju Athena. Dan setelah menempuh tujuan dan menyampaikan pesan, ia langsung meninggal dunia karena keletihan. Sebetulnya banyak versi tentang legenda Pheidippides dan Marathon ini. Tapi intinya, lari marathon adalah lari jarak jauh untuk mencapai tujuan tertentu. Strategi kemenangannya adalah dari kecepatan yang konstan, menjamin stamina tidak terkuras habis.

Terus, apa kesimpulan dari Long March dan Lari Marathonnya?

Ada hubungan antara jarak tempuh, energi yang harus dikeluarkan, kesabaran dalam menempuh perjalanan, dan kelelahan.

Kelelahan?

Tidak… bukan itu.

Lebih tepatnya

TUJUAN.

Berlelah-lelah dalam menuju sebuah titik yang kita yakini bahwa jika kita mencapai titik itu maka kita akan bahagia, tetap akan mengalahkan rasa lelah itu sendiri.

Maka, bersemangatlah dalam menempuh perjalanan hidup menuju satu titik. Satu titik yang kita yakini akan mendatangkan kebahagiaan. Titik itu adalah Ridho Illahi.

Semoga Allah ta’ala menguatkan bahu kita semua dalam menjalani longmarch dan marathon kehidupan.

Wallahul musta’an

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s