Suntang-sunting Blog Akashiroo

Standar

Nobody is perfect but everybody should be better.”

Pepatah mengatakan “tidak ada yang sempurna.” Kendati demikian, tidak salah jika kita dituntut untuk memperbaiki kesalahan (baca: ketidaksempurnaan) dalam diri sehingga aku tambahkan “but everybody should be better” setelah kalimat “Nobody is perfect.” Tentunya, pesan itu aku utamakan untuk diriku. Lebih kutekankan untukku.

Dalam beberapa waktu terakhir, dengan semakin tinggi trafik blogku ini, aku menyadari satu hal. Berapa lama pengunjung blog betah membaca blogku ini? Hanya sekedar membaca judulkah? Atau membaca isinya secara sekilas? Satu menit? Tiga menit?

Pengunjung adalah raja dan tulisan adalah investasi. Aku kian dituntut meningkatkan mutu penulisan agar pengunjung semakin betah membaca. Aku berusaha untuk melakukan perbaikan tata-cara penulisan dalam blog ini. Jika sebelumnya aku menulis dengan spontan sehingga kalimat-kalimatnya terkesan tidak beraturan, penempatan katanya yang kurang pas, dan ada rasa kata yang tidak tepat, maka dalam beberapa waktu terakhir aku pun mulai melakukan perbaikan-perbaikan.

Pertama-tama, aku mulai memperbaiki tata kalimat yang terkesan janggal. Berikutnya, mengurangi kesalahan tipografi. Setelah itu baru menghiasinya dengan diksi pilihan agar menimbulkan rasa sesuai dengan ekspresi yang aku alami ketika aku menuliskanya pertama kali. Memang tidak mudah, karena mau tidak mau penyuntingan itu akan membuat tulisan berubah mengikuti suasana hatiku saat aku menyuntingnya. Bisa jadi saat aku menulisnya, aku dalam keadaan sempit. Namun, saat aku menyunting tulisan itu, aku dalam keadaan lapang. Kendati demikian, aku tetap berusaha menjaga dan mengingat-ingat kondisi saat aku menulisnya. Aku menginginkan orisinalitas perasaan yang bisa mewakili rasa hati ketika aku menulisnya pertama kali.

Mumpung belum banyak tulisan karena baru sekitar enam puluhan karya yang aku publikasikan, di luar karya kawan-kawan blogger yang aku masukkan ke dalam blog ini. Bagaimanapun tetap membutuhkan waktu yang lama untuk membaca ulang dan menyuntingnya satu persatu. Terkadang aku baru sadar ketika ada pembaca yang masuk dan membaca tulisan di judul-judul tertentu, karena di wordpress ini, setiap judul ada grafik statistik pengunjung tersendiri.

Sekali lagi, pengunjung adalah raja dan tulisan adalah investasi. Karena itu aku berusaha untuk menyajikan yang terbaik untuk pembaca semua agar mereka bisa memahami maksud penyampaian dan pesan-pesan yang terkandung di dalam tulisan yang aku buat. Semoga perbaikan-perbaikan yang aku lakukan dapat membuat pembaca lebih betah dalam menelisik isi hati, ide-ide, menangis dan tertawa bersamaku, atau saling berbagi curahan pemikiran agar kita semua dapat saling memberikan kontribusi yang baik dimulai dari diri kita, keluarga kita, masyarakat kita, bangsa kita, negara kita, dan semesta alam.

Regards,

Akashiroo

Tinggalkan Balasan

