Jalan Alternatif Yogyakarta Madiun

Standar

Ada beberapa checkpoint dari titik pemberangkatan kota Yogyakarta. Checkpoint itu berupa kota dan desa yang harus kita lalui di jalur alternatif ini agar kita dapat tiba di Madiun dengan selamat tanpa tersasar.

Checkpoint itu diantaranya:

  1. Kota Yogyakarta, DIY (Pemberangkatan)
  2. Kota Surakarta, Jawa Tengah.
  3. Kota Karanganyar, Jawa Tengah
  4. Desa Tawangmangu, Jawa Tengah
  5. Desa Sarangan, Jawa Timur.
  6. Kota Magetan, Jawa Timur.
  7. Kota Maospati (Tugu Pesawat Maospati), Jawa Timur.
  8. Kota Madiun, Jawa Timur. (Titik Ketibaan)

Deskripsi Jalur:

  1. Dari Yogyakarta menuju Surakarta, jalan relatif lebar. Kemacetan mungkin saja terjadi di Delanggu dan Kartosuro disebabkan pergiliran lampu lalu lintas dan aktivitas pasar. Khusus di Kartosuro setelah tiba di bundaran, ambil jalan ke arah kanan (ikuti petunjuk jalan ke arah Surakarta).
  2. Dari Surakarta menuju Karanganyar, jalan relatif lebar. Kemacetan mungkin saja terjadi di tengah kota karena ada beberapa lampu lalu lintas. Ambil jalan ke arah Surabaya. Setelah melewati UNS (Jebres) dan Jembatan Sungai Bengawan Solo, akan bertemu satu lampu lalu lintas. Ambil arah lurus, kemudian ambil jalan sebelah kanan karena kita akan menjumpai bundaran pertigaan. Ke kiri arah Surabaya, lurus arah Karanganyar. Kita ambil yang lurus melewati pintu perlintasan kereta api. Jalan lebar akan menyambut anda hingga kota Karanganyar (alun-alun).
  3. Dari Karanganyar menuju Tawangmangu, setelah melalui lampu lalu lintas dalam kota yang terakhir, jalan akan semakin mengecil. Kontur jalan menanjak dan berkelok khas jalan pegunungan (seperti jalan ke arah Puncak, Bogor). Ikuti petunjuk arah ke Tawangmangu/Magetan. WASPADA TANJAKAN TERJAL, TIKUNGAN MAUT dan JURANG! Bagi anda yang belum pernah melalui jalan ini, pasang gigi rendah saja ketika melalui tanjakan. Karena tidak jarang, setelah tanjakan yang terjal, anda akan disambut lagi dengan tanjakan yang lebih terjal.
  4. Dari Tawangmangu menuju Sarangan di Kabupaten Magetan, anda akan menjumpai pos pendakian “Cemoro Kandang”. Konon jalan aspal di tempat ini adalah jalan aspal tertinggi se-Jawa Tengah, bahkan se-Indonesia. Setelah melalui pos ini, kontur jalan akan relatif menurun. Anda akan melalui hutan lebat hingga ke kawasan Desa Sarangan. Namun, kisaran tahun 2010-an, jalur ini sudah diperlebar, konturnya pun diperlandai, dan tikungan-tikungan yang terlalu tajam sudah di “luruskan”. Di jalur ini anda bisa beristirahat sejenak di Telaga Sarangan sambil menikmati sate kelinci (kalau njenengan ndak puasa lho…).
  5. Dari Sarangan menuju Magetan, jalanan relatif menurun. Mayoritas pemandangan adalah sawah berbukit. Tiba di Magetan, kota yang lumayan ramai, petunjuk jalan ke arah Maospati/Madiun/Ngawi cukup jelas.
  6. Dari Magetan menuju Maospati, jalanan menurun landai dan lurus. Harap kontrol kecepatan kendaraan dan jaga konsentrasi anda agar tidak terlena di jalur yang lurus dan jalan yang halus ini. Waspada kepada para penyeberang jalan, sepeda motor, dan sepeda ontel. Setelah tiba di pertigaan Terminal Bus dan Tugu Pesawat Maospati, belok kanan ke arah Madiun. (Rambu petunjuk arah cukup jelas).
  7. Dari Maospati menuju Madiun, jalanan relatif lebar. Anda akan melewati komplek Pangkalan TNI-AU Maospati/Madiun. Harap perhatikan jalan karena truk dan bus berkecepatan tinggi suka menyalip sembarangan. Jalan lebar, namun tanpa median permanen. Hanya sekedar garis marka lurus  saja. Ketika hendak memasuki kota Madiun, anda akan menjumpai median jalan permanen sehingga arus kendaraan lebih terkontrol. Setelah melewati Jembatan Sungai Bengawan Madiun, anda akan menjumpai Alun-alun. Untuk ke arah kota Ponorogo, anda harus maju sedikit hingga bertemu perempatan, dan berbelok ke arah Kanan. Tapi jika anda hendak  menuju arah Dungus atau Caruban/Surabaya, anda ambil arah lurus.

Demikian tulisan saya yang saya buat berdasarkan pengalaman saya menempuh perjalanan Jogja – Madiun PP via jalur alternatif Tawangmangu – Sarangan. Semoga bermanfaat.

Iklan

3 thoughts on “Jalan Alternatif Yogyakarta Madiun

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s