Lukisan Kondisi Bani Israil Ketika Peristiwa Penyeberangan Laut Merah

Standar

Perkiraan titik penyeberangan Musa alaihissalaam

Dapatkah kita membayangkan, kedahsyatan perjalanan Nabi Musa ‘alaihissalaam dan rasa takut yang mendera kaumnya (bani Israil) ketika melintasi laut merah di waktu malam gelap, didera kesulitan dan kepayahan, dihimpit dengan ketakutan dari belakang dan dari samping-sampingnya.

Sulit dan payah karena kaki tersaruk batu karang dasar lautan yang gelap. Kepayahan karena harus berlelah-lelah menuju seberang. Rasa takut yang mencekam karena menyaksikan Fir’aun dan bala tentaranya mengejar dengan tanpa ampun. Dan rasa ngeri yang amat sangat ketika melintasi dua tebing lautan yang siap menutup kapan saja.

——

“Dan (ingatlah), ketika kami belah laut untukmu, lalu kami selamatkan kamu dan kami tenggelamkan (Fir’aun) dan pengikut-pengikutnya sedang kamu sendiri menyaksikan (QS 2:50).Dan kami memungkinkan Bani Israil melintasi laut, lalu mereka diikuti oleh Fir’aun dan bala tentaranya, Karena hendak menganiaya dan menindas (mereka); hingga bila Fir’aun itu Telah hampir tenggelam berkatalah dia: “Saya percaya bahwa tidak ada Tuhan melainkan Tuhan yang dipercayai oleh Bani Israil, dan saya termasuk orang-orang yang berserah diri (kepada Allah)” (QS 10:90).Dan Sesungguhnya Telah kami wahyukan kepada Musa: “Pergilah kamu dengan hamba-hamba-Ku (Bani Israil) di malam hari, Maka buatlah untuk mereka jalan yang kering dilaut itu[933], kamu tak usah khawatir akan tersusul dan tidak usah takut (akan tenggelam)”. (QS 20:77)Maka Fir’aun dengan bala tentaranya mengejar mereka, lalu mereka ditutup oleh laut yang menenggelamkan mereka. (QS 20:78)Lalu kami wahyukan kepada Musa: “Pukullah lautan itu dengan tongkatmu”. Maka terbelahlah lautan itu dan tiap-tiap belahan adalah seperti gunung yang besar.” (QS 26:63)

Wallaahu a’lam bishshowwab.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s