Aku Benci Jadi Typo

Standar

Typo, singkatan dari Typographical error, merupakan kesalahan penulisan setelah produk cetak keluar dari mesin cetak. Jika produknya digital, maka kesalahan itu terjadi setelah produk tulisan itu dipublish. Typo bisa juga disebut salah eja.

Terserahlah si penulis menggunakan bahasa baku ataupun menggunakan bahasa gaul, jika di situ ada typo, maka rasa yang timbul ketika membacanya akan sangat tidak enak. Walaupun pada hakikatnya, pesan yang disampaikan penulis dapat sampai dengan selamat kepada pembaca.

Bagi saya, typo merupakan penyakit yang timbul dari ketidak telitian ini harus dihindari. Bisa bikin njegleg perasaan pembaca. Bayangkan, sedang enak-enak membaca, tiba-tiba menemukan kata yang kurang hurufnya atau salah tulis. Otak serasa harus diperas lebih kuat lagi untuk mencerna kata tersebut. Typo itu bikin pening.

Apalagi, typo timbul ketika memunculkan slide presentasi. Ah… ga keren banget dah! Menimbulkan feeling yang kurang baik untuk diri saya sendiri. Seolah, harga diri saya turun beberapa derajat akibat typo. Intelektualitas saya serasa dipertanyakan akibat typo.

Wis lah… ga ada kata lain.
Kurangi typo!

Tautan luar: http://mannerofspeaking.org/2010/11/06/five-typographical-errors-to-avoid-on-your-slides/

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s