Ketahui Penyebab Motor Tidak Mau Start

Standar

Hari ini, aku dapat konsumen bengkel, suami kawanku di Yogya, yang motornya tidak mau start (hidup). Aku diminta untuk ke rumahnya, sekedar ngecek penyebab mati motornya.

Ketika aku cek, pengapian dalam kondisi bagus. Tapi ketika busi dipasang di blok mesin, kenapa mesin tidak mau hidup? Ah… itu mah urusan mekanik. Jadilah motor ditarik ke bengkel menggunakan motor lain yang diikat dengan tali. :D

Ada dua hal penyebab mesin motor tidak mau start. Hal yang harus dicek pertama kali adalah pengapian. Jika pengapian sudah baik namun motor tetap tidak mau hidup, maka masalahnya pada sirkulasi bensin.
Jika pengapian kurang mantap, maka yang dicek adalah pemicu apinya. Dalam hal ini, platina atau CDInya. Rata-rata sih, motor zaman sekarang, pakenya CDI.  Namun, jika sirkulasi bensin yang bermasalah, yang harus dicek berikutnya adalah karburatornya. Jika karburator baik, cek posisi kepala seher.

Demikian analisa dari aku. Jika ada yang kurang lengkap, aku mohon kepada kawan-kawan agar berkenan memperbaiki dan melengkapinya. Nanti aku tulis di edisi revisi. Terima kasih.

[saya punya bengkel, tapi kurang ngerti teknis perbaikinya]

2 thoughts on “Ketahui Penyebab Motor Tidak Mau Start

Tinggalkan Balasan

