Password sang Secret Admirer

Standar

Anda pernah punya pengalaman membajak password orang lain? Atau jangan-jangan, malah password anda yang dibajak?

Kebanyakan, netters menggunakan password berupa nama orang dekatnya, tanggal lahirnya sendiri, nama hewan, dan password lain yang mudah ditebak. Entah ditebak dengan dictionary (kamus), penipuan bermotif rekayasa sosial, dan lain-lain.

Seorang kawan, sebut saja Tata, secret admirer seorang gadis manis keturunan Jawa, memiliki cara tersendiri untuk memproteksi passwordnya. Berikut tips dari Tata.

Tentu saja cara pertama, ia harus memproteksi perilakunya sehingga tidak ada seorangpun yang tahu jika ia mengagumi gadis tersebut. Berikutnya, ia menggunakan tanggal lahir gadis itu. Jika tanggal lahir gadis itu adalah 12 Desember 1993, maka ia menuliskan 12121993. Untuk menggunakannya sebagai password, ia membalik angka itu menjadi 39912121.

Secara rekayasa sosial, angka semacam ini sulit untuk dipecahkan karena penggunaan deret tanggal lahir yang tidak lazim. Tapi kelemahan password yang seluruhnya menggunakan angka adalah jurus hacking menggunakan brute force. Walaupun usaha membuka paksa 8 deret angka akan memakan waktu yang sangat lama, tapi tetap saja bisa dibuka. Tata tidak kurang akal. Ia menambahkan kombinasi huruf besar dan kecil serta menggunakan dua simbol berbeda untuk memperlama usaha hacker yang menggunakan jurus brute force. Sehingga, passwordnya sekarang menjadi “39912121Xx+-”

PS: Konon gadis pujaan Tata sudah menikah dengan pria lain. Tapi karena jari Tata sudah terbiasa mengetik numpad keyboard dengan password itu, Tata tetap menggunakannya hingga sekarang.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s