Tragedi Amin yang Bikin Malu

Standar

Peristiwa ini terjadi pada tahun 2007, tapi aku lupa bulan apa. Saat itu, iqomat Isya’ sudah memanggil. Aku buru-buru berangkat ke masjid agar tidak ketinggalan rakaat pertama sholat Isya’. Kebetulan waktu itu, aku belum berwudhu, jadi aku mesti wudhu dulu di masjid. Sebelum wudhu, aku sempat melihat jumlah shaf shalat hanya ada satu baris.

Selesai wudhu, aku melangkah masuk dan langsung mengangkat tangan untuk takbiratul ikhram menggabungkan diri dengan jama’ah yang lain, masbuk satu rakaat. Oonnya, setelah aku mengangkat tangan, aku tidak memperhatikan surat yang dibacakan oleh imam.

Kontan, setelah bacaan imam selesai, aku langsung menyambutnya dengan ucapan “Amiin…” dengan panjang dan keras. Namun, dalam sholat itu aku merasa heran, koq jama’ah yang lain pada diam ketika aku mengucap amiin. Tiba-tiba aku baru ingat, ternyata Imam tidak membaca Al-Fatihah. Melainkan tiga ayat terakhir dari surat Al-Baqarah. Ternyata, ketika imam mengucapkan “anta maulana fanshurna ‘alal qoumil kaafiriin”, yang terdengar di telingaku adalah “ghoiril maghdu bi alaihim waladh dhooliin”. Memang, imam itu melagukannya dengan sangat bagus dan antara keduanya memiliki kemiripan nada.

Aku langsung mengucapkan “Astaghfirullah…” sambil menutup mulut. Konsentrasiku buyar dan mungkin saat itu, mukaku merah semerah tomat. Dada ini bergetar naik turun karena menahan tawa, menertawakan kebodohan diri sendiri.

Karena aku jama’ah masbuk, setelah imam selesai shalat aku teruskan satu rakaat yang tertinggal hingga salam dan kulanjutkan dengan berdoa. Hati ini masih saja ingin tertawa. Aku sempat melirik ke kiri dan ke kanan. Tapi tidak berani menatap wajah jama’ah karena malu yang bercampur aduk. Dan ketika jama’ah sudah bubar dan keluar masjid, terdengarlah tawa yang membahana dari salah seorang temanku. Tertawa yang teramat puas. Karena sebetulnya mereka telah menahan keinginan tawa yang sangat besar ketika shalat. Puasss…

—-

Akashiroo Isurama

Copas dari page jadul, http://akashiroo.multiply.com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s