[Catatan Lama] Tazkiyyatun Nafs dan Tazkiyyatul Kumbiyyutar

Standar

hati yang bercahaya
Mungkin diri kita tidak jauh berbeda dengan komputer. Masalahnya juga hampir sama dan terapinya juga bisa sama. Hanya saja, terapi ini merupakan pikiran iseng saya…

  1. Rajin-rajinlah melakukan scandisk hard disk. Minimal sebulan sekali. Karena jika hard disk itu bad sector, maka seluruh sistem akan kena getahnya. Namun jika hard disk itu bersih dari bad sector, maka akan optimal seluruhnya. -> cukup jelas kayaknya…
  2. Rajin-rajinlah melakukan defrag hard disk agar letak struktur data menjadi lebih rapi sehingga mengoptimalkan kerja sistem. -> lebih kepada manajemen qolbu. memilah dan memilih ekspresi emosi positif sebagai ekspresi utama.
  3. Kode registry yang error juga akan mengganggu kinerja komputer sehingga komputer tidak dapat bekerja dengan semestinya. Misalnya, ga mau buka task manager atau menjalankan program antivirus. Hapus menggunakan program registry tweaker atau semacamnya. -> Keinginan untuk maksiat memang tidak bisa hilang begitu saja, tapi keinginan ini bisa dilawan. Dan kita harus memiliki keinginan kuat untuk mengalahkannya.
  4. File-file yang udah ga kepake dihapus saja, karena akan membebani kerja komputer. -> Kalo ada masalah kecil yang mengganggu, jangan terlalu dipikirkan. Fokus saja sama tujuan.
  5. Kalau RAM antum lebih lapang (lebih dari 1GB), maka komputer yang ecek-ecek pun akan terasa plong kerjanya. Untuk meminimalisir sumberdaya yang terbuang, hapus saja virtual memory supaya semuanya diproses di RAM dan prosesor. Sehingga kerja hard disk semakin optimal. -> rumah kecil akan terasa luas jika pemiliknya berhati lapang.
  6. Pasang program antivirus untuk meminimalisir kemungkinan terinfeksi program dan aplikasi berbahaya -> kita butuh teman untuk saling membantu dan menguatkan supaya hidup kita menjadi lebih baik.
  7. Agar komputer tidak terinfeksi virus, rajin-rajinlah menjalankan scanning antivirus, minimal seminggu sekali. -> kontrol diri dengan rajin ikut majelis ilmu. (pernah kan ngerasa dada kayak ngejedug pas kesindir materi kajian?) :D

Kira-kira gitu dah hasil semedi hari ini… ‘n kalo ada kata yang salah, kang muhtar minta maaf.

catatan: kumbiyyutar (arb) didapat dari terjemahan komputer (ind) di google translate.

tulisan ini pernah dimuat oleh penulis di akashiroo.multiply.com dan kameradmukhtarov.multiply.com.

Iklan

6 thoughts on “[Catatan Lama] Tazkiyyatun Nafs dan Tazkiyyatul Kumbiyyutar

  1. Bolung

    semedinya dimana akh? hasil semediku masih ngendap di kompi, tak di publish, cukup dibagi di dunia nyata. hehe…

    *kasih 3 jempol*

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s